Materi TIK SMA - Pengenalan Internet

Artikel terkait : Materi TIK SMA - Pengenalan Internet

Materi TIK SMA - Pengenalan Internet. Kompetensi Dasar : memahami Apa itu Internet, Memahami Sejarah Internet, Mengenal Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Mengenal Browser

Materi TIK SMA - Pengenalan Internet

Simak

Mengenal Komponen-komponen CPU


Saat ini teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat, mulai dibuatnya alat-alat canggih sebagai sarana dari berkembangnya teknologi informasi tersebut.
Teknologi itu bukan alat (teknologi yang canggih bukan komputer, laptop, hp atau lainnya).
Teknologi adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang berinovasi. Menciptakan sesuatu yang berinovasi adalah menciptakan sebuah informasi. mengapa informasi ? Karena dengan informasi, akan merangsang motivasi kita untuk mengembangkan informasi sehingga bisa menghasilkan inovasi yang baru. salah satu contoh perkembangan teknologi dan informasi yang pesat yaitu melalui internet.

Apa itu internet ?

Materi TIK SMA - Pengenalan Internet

Baca

Materi Tik SMA - Mengenal Dan Mengunakan Jaringan Komputer

Internet (interconnection network) adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer adalah dua komputer atau lebih yang saling berhubungan,  Jenis jaringan yang sering secara umum di bagi dalam 3 kelompok :

    LAN (local Area network) jaringan yang terdiri dari dua komputer atau lebih dalam satu batas area saja.
    MAN (metropolitan area network)
    WAN (wide area network)

Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.

Kegunaan Internet :
Banyak kegunaan yang menguntungkan yang didapatkan dari Internet dalam semua bidang (bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi dlsb), antara lain:
1.      Internet sebagai Media Komunikasi
Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi dibandingkan dengan media lain, Informasi yang didapatkan lebih mudah, cepat dan murah dengan jangkauan global. Hal ini didukung dengan fakta bahwa untuk menjangkau pengguna sebanyak 60 juta orang:
v  Butuh 30 tahun untuk radio
v  Butuh 15 tahun untuk televisi
v  Butuh 3 tahun untuk web
2.        Internet sebagai media promosi, diantaranya:
o   Image Company
o   Pengenalan, dan pemesanan produk
o   Registrasi klien
o   Jadwal pengiriman dll
3.        Internet sebagai Komunikasi Interaktif
o    Email
o    Dukungan Pelanggan dengan WWW
o    Video Conferencing
o    Internet Relay Chat
o    Internet Phone
4.        Internet sebagai alat Research and Development
- pembelajaran secara online
5.        Internet sebagai Pertukaran data
       
Sejarah Internet

Sebelum Internet ada, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindarkan terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Jadi bila satu bagian dari sambungan network terganggu dari serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu secara otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu Internet digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Dan baru setelah itu Pemerintah Amerika Serikat memberikan ijin ke arah komersial pada awal tahun 1990.
 
Pertumbuhan Internet
Internet mempunyai pertumbuhan yang sangat baik dan sangat pesat saat ini. Dari data statistik yang didapat, adalah sebagai berikut:
·         3 juta host sudah terkoneksi diakhir tahun 1994
·         Populasi 30 juta pengguna (1995)
·         Pertumbuhan 10 % tiap bulan
·         100 juta pengguna pada tahun 1998, diperkirakan tahun 2010 semua orang akan terhubung ke Internet, dan sekarang sudah nyata tahun 2012 semua orang sudah terhubung ke Internet.
·         Email mendominasi 75% hubungan bisnis

Artikel terkait

Materi TIK SMA Kelas XI - Perangkat Keras untuk Mengakses Internet


Pengenalan Penelusuran Web (Web Browser)

Dewasa ini internet bukan merupakan sesuatu yang  aneh di masyarakat, karena penggunakan internet sebagai media komunikasi massa sudah hampir kita temui dimana-mana.
Untuk dapat menjelajahi internet tersebut diperlukan sebuah software yaitu yang disebut web browser.
Web Browser adalah Aplikasi yang digunakan untuk searcing di internet Contoh dari Web Browser Yang sering digunakan Oleh User adalah Mozilla Firefox, Opera, Google crome Internet Explore dll.

Materi TIK SMA - Pengenalan Internet semoga bisa menjawab pertanyan anda

Artikel Teknologi Informasi dan Komunikasi Lainnya :

0 komentar:

Copyright © 2015 Teknologi Informasi dan Komunikasi | Design by Bamz